Minggu, 06 Februari 2011

Mengapa Pingit ?


Sering orang bertanya, ada apa di pingit ? atau apakah ada yang baik dari pingit ? atau di manakah pingit itu ?
Bagi saya sendiri sebagai orang yang cukup baru di Yogya, pingit memberi gambaran tentang suatu daerah di Yogyakarta. Pingit adalah nama daerah di pinggir kali Winongo. Pingit juga memberi gambaran tentang suatu perkampungan sosial yang sudah berumur cukup tua yang digunakan oleh para frater Jesuit yang studi teologi dan tinggal di Kolsani untuk kegiatan ekstra kurikuler. 

Di luar itu, pingit sering dipahami oleh awam sebagai kata yang bermakna memaksa, mengurung, menekan seseorang. Orang yang dipingit adalah orang yang dikurung, tidak boleh keluar dalam jangka waktu tertentu untuk tujuan tertentu. Biasanya, zaman dahulu, gadis jawa yang akan menikah, akah dipingit oleh orangtuanya sampai saat dia menikah dan meninggalkan keluarga untuk mengikuti suaminya. Mungkin kebanyakan orang jawa pada waktu itu berkulit hitam karena tersengat matahari hasil bekerja di sawah sehingga perlu dipingit dan diberi lulur agar tampil menarik pada saat pernikahan. Dengan kata lain, kegiatan dipingit adalah kegiatan dengan maksud agar orang yang melakukannya mendapatkan sesuatu, yaitu penampilan yang menarik saat menikah. 

Untuk orang yang tertarik dengan kegiatan para frater di pinggil kali winongo, hal apakah yang bisa didapatkan ? Tentang hal yang bisa didapatkan, hal itu tergantung dari orang yang melakukan, tetapi bila dibalik, hal apakah yang ditawarkan, bisa kita tanyakan kepada pengurusnya langsung. Yang pasti, di pingit ada beberapa rumah yang bisa digunakan oleh mereka yang tidak punya rumah dengan jangka waktu 2 tahun dan akan didampingi selama 2 tahun itu untuk mandiri. Selain itu, ada kegiatan pendampingan anak untuk belajar setiap hari senin-kamis dan kegiatan pengembangan bakat dan minat di hari Sabtu, saat ini diisi kursus menari. 

Anda yang tertarik, bisa langsung datang dan melihat, bila sudah jatuh hati, bisa langsung bergabung secara rutin dengan menjadi volunteer di Pingit. Apa saja yang bisa dilakukan ? Anda bisa menjadi pendamping 2 kegiatan besar di atas, pendampingan penghuni perkampungan atau pendampinan anak-anak. Untuk kegiatan non rutin, anda bisa mendiskusikan langsung dengan pengurus yang bisa anda temui langsung di sana. 
Sampai ketemu di Pingit !

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Twitter More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms